Pengertian Sistem Bilangan | Sarjana Muda

Apa Itu Sistem Bilangan?

Sistem Bilangan Adalah suatu proses dimana satu system bilangan dengan basis tertentu akan dijadikan bilangan dengan basis yang lain.


Macam-macam Sistem Bilangan : 



Ada banyak sekali Sistem Bilangan, tetapi yang akan kita bahas hanya bilangan Binary,Oktal,Desimal, dan Hexadesimal.

Pengertian Sistem Bilangan :

1.Bilangan Binary

            Sistem Bilangan Binary hanya mengenal dua jenis angka (Numerik), yaitu 0 dan 1. Nilai 0 mewakili tidak adanya arus listrik (LOW), dan nilai 1 mewakili adanya arus listrik (HIGH). Penulisan bilangan berbasis 2 menggunakan format N2dengan N adalah bilangan biner.

2.Bilangan Oktal

            Sistem Bilangan Oktal mempunyai delapan jenis angka (Numerik), yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7. Penulisan bilangan berbasis 8 menggunakan format N8dengan N adalah bilangan oktal.

3.Bilangan Desimal

            Sistem Bilangan Desimal mempunyai sepuluh  jenis angka (Numerik), yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Penulisan bilangan berbasis 10 menggunakan format N10, dengan N adalah bilangan desimal.

4.Bilangan Hexadesimal

            Sistem Bilangan Hexadesimal mempunyai sepuluh  jenis angka (Numerik) dan enam karakter, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, E, dan F. Penulisan bilangan berbasis 16 menggunakan format N16, dengan N adalah bilangan hexadesimal.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »