Mengenal Bahasa Pemerograman | Sarjana Muda

Bahasa Pemrograman

Pengertian

Bahasa Pemrograman merupakan untaian kata-kata (Syntax) berupa instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer.

Untuk seorang Programmer dan Developer, bahasa pemrograman ini sangat penting dan wajib dikuasai untuk membangun / membuat suatu aplikasi atau software. 

Mendengar kata Programmer dan Developer saja sudah bisa di bayangkan, Sangat keren bukan? Jika kamu mau jadi seperti itu, belajar lah bahasa pemrograman dengan sungguh-sungguh, Karena jika kamu ingin belajar bahasa pemrograman, kamu akan merasakan pusing dan stres :-) . Untuk sarannya belajar lah dari bahasa yang paling mudah dan sediakan secangkir kopi untuk bersantai sejenak :-)   

Bahasa pemrograman saat ini sangat lah banyak. Seorang Programmer dan Developer, mereka tidak menggunakan semua bahasa pemrograman, mereka hanya memakai beberapa bahasa pemrograman untuk Project yang sedang mereka buat. 

Pada kesempatan kali ini, hanya akan menjelaskan beberapa bahasa pemrograman secara singkat yang biasa digunakan oleh seorang yang baru belajar Bahasa pemrograman.

Untuk bahasa pemrograman sendiri, ada 2 macam yaitu ; Bahasa pemrograman Web dan Bahasa pemrograman aplikasi.

Jika kamu mau mengenal bahasa pemrograman apa saja yang ada, yuk simak sebagai berikut ;

1. Bahasa pemrograman Web ;

     a. HTML (Hypertext Markup Language)
                    HTML adalah suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

       b. CSS (Cascading Style Sheet)
                CSS adalah suatu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda (markup laguage).

      c. PHP (Cascading Style Sheet)
                PHP adalah suatu bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTMLPHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis.

      d. JavaScript
                Javascript adalah suatu bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.


2. Bahasa pemrograman Aplikasi ;

     a. Bahasa C
                C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputerC dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi.

      bBahasa C++
                C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang merupakan perkembangan dari bahasa C. Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading.

      cBahasa C#
                C# merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya dengan beberapa penyederhanaan.

      d. Java
                Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun".

      e. Python
                Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna.  Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.



Itu lah beberapa Bahasa pemerograman yang sering digunakan. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »